ICE BREAKING VIDEO

Posted by

Dalam sebuah seminar atau pelatihan, tentu akan terasa sangat membosankan apabila komunikasi yang dilakukan oleh pembicara hanya satu arah. Benarkah?. Tentu saja seperti itu. Pendengar akan merasa sangat jenuh dengan penyampaian materi. Jika materinya menarik, kemungkina peserta masih dapat konsentrasi untuk mengikuti proses training. Namun jika materi yang disampaikan sangat tidak menarik, siap-siap saja untuk ditinggal tidur oleh audience anda..hehehe.

Dalam sebuah teori metodologi pembelajaran, ada beberapa trik untuk mengatasi kejenuhan audience dalam menerima materi yang akan kita sampaikan. Salah satunya adalah dengan ICE BREAKING. Ice breaking berarti sebuah metode untuk mencairkan suasana yang terkesan jenuh dan beku. udah terlihat dari kata asalnya kan?. Ice yang berarti Es. Breaking yang berarti memecah. Jadi kesimpulanya adah semua cara yang digunakan untuk memecahkan sebuah kebekuan didalam penyampaian materi pembelajaran.

Salah satu yang sering digunakan untuk memecah kebekuan atau Ice breaking ini adalah dengan memutarkan video-video lucu yang akan membangkitkan peserta untuk dapat berkonsentrasi kembali mengikuti sebuah pembelajaran. Video-video ini biasanya berdurasi pendek dengan pembawaan video yang berisi sesuatu yang lucu. 

Coba anda lihat tanyangan video untuk ice breaking dibawah ini:


Tertawakah anda melihatnya?. Ya mungkin hanya nyengir saja melihat hal tersebut. Atau malah anda tidak tahu akan maksud dari video diatas..hehehe. Tentunya tidak kan. 

Dalam video yang berjudulkan kebiasaan diatas, menggambarkan seorang yang sudah terbiasa mengetik menggunakan mesin ketik manual kemudian beralih menggunakan komputer. Kebiasaanya dalam menggunakan mesin ketik manual masih terbawa. 

Nah itulah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memecah kebuntuan atau kejenuhan yang dialami oleh peserta latihan atau seminar yang kita lakukan.

Masih banyak lagi metoda yang lain yang dapat kita lakukan untuk memecah kejenuhan tersebut. Ini adalah salah satunya, selain anda dapat menggunakan permainan-permainan interaktif dengan peserta. Insya Allah akan saya posting selanjutnya.

Salam,






FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.15

0 komentar:

Posting Komentar