SILATURAHIM

Posted by

Silaturahmi atau silaturahim ya sahabat?. Yang penting tahu maksud nya saja ya. Mumpung masih berbau bulan syawal, saya akan sedikit berbagi tentang penting nya silaturahim. Yang pasti sahabat sudah melaksanakannya dalam lebaran kemarin tentunya. Beberapa hal yang saya catat tentang silaturahim dapat sahabat baca di bawah ini:

Silaturahim memperpanjang umur

Dalam sebuah hadits di jelaskan seperti itu. "Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim.” (HR. al-Bukhari no. 5986 dan Muslim no. 2557). 

Namun logika nya seperti apa sampai saat ini saya juga belum memperoleh ilmu nya sahabat. Tapi yang namanya dalil dan itu shohih, kita wajib percaya saja ya. Karena terkadang dalil dan hukum agama tidak bisa di logika. Mungkin bisa, namun butuh waktu untuk mengkaji nya. 

Seperti saat kita kentut,maka wudhu kita batal. Mengapa kita harus mengulangi semua proses wudhu nya?. Sampai sekarang logika nya seperti apa saya belum tahu. 

Silaturahim
Silaturahim
Contoh lain adalah masa iddah bagi wanita yang cerai hidup atau cerai mati yaitu 3 sucian. Mengapa?, ternyata saya pernah mendengar sebuah pengajian yang menyampaikan bahwa ada penelitian menyebutkan jangka waktu tiga bulan tersebut adalah massa ideal untuk terlepasnya pengaruh genetik suami lama. Itu ada yang sudah meneliti sahabat. Ternyata masuk di logika kita kan?.

Silaturahim memperbanyak rejeki

Kalau yang ini tentunya kita iya kan saja ya sahabat. Memang benar kan ya?. Seperti tadi siang, saya sempatkan untuk hadir di acara arisan keluarga besar trah marimo (kayak apa gitu ya sahabat pakai istilah trah :-). Kemudian saya mampir ke sahabat lama saya di boyolali, karena kebetulan acara nya di objek wisata tlatar dan berdekatan dengan rumah sahabat saya tersebut. Eh, pulang ke kudus, saya di bawa kan oleh 2 macam 2 lho :-). Minimal kita saat ber silaturahim dapat hidangan, berarti kita bertambah rejeki nya :-). Dan ini juga masih termasuk isi dalam hadits diatas kan?.

Silaturahim adalah konsekwensi Iman

Jika muslim telah menyatakan iman, maka bersilaturamim adalah salah satu konsekwensinya. Seperti dalam hadits “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (HR. Al-Bukhari no. 5787)

Baca Juga:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08.27

0 komentar:

Posting Komentar