MARHABAN YA RAMADHAN

Posted by

Sahabat, tidak terasa sebentar lagi kita akan melaksanakan kewajiban kita sebagi umat islam, yaitu menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Waktu yang berjalan begitu cepat ini kembali mengingatkan bahwa usia dan umur kita ini semakin tua. Banyak beberapa orang yang pada tahun lalu masih bersama ita menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan saat ini mungkin sudah berada dialam lain mendahului kita semuanya. 

Sebenarnya puasa ini juga sudah diwajibkan bagi orang-orang terdahulu sebelum Nabiyulloh Muhammad SAW. Sebagaimana yang sering kita dengar dalil tentang wajibnya puasa ini yaitu QS Al Baqarah ayat 183. "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa".

Namun dalam penjelasanya, puasa yang kita lakukan sekarang ini berbeda dengan puasa yang dilaksanakan oleh orang-orang terdahulu. Saat ini kita mengenal adanya buka puasa dan makan sahur. Pada waktu malam juga bagi yang sudah menikah diperbolehkan untuk mengumpuli istrinya. Berbeda dengan zaman dahulu, puasa pada masa itu tidak mengenal makan sahur. Mereka hanya melakukan berbuka puasa sebentar kemudian lanjut berpuasa lagi. Pada waktu malam juga masih harus menahan lapar dan haus.
Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan

Kemudian kita juga pernah mendengar bahwa barang siapa yang mengerjakan puasa ramadhan dengan iman dan mengharap pahalanya Alloh, maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Hal ini yang membuat bulan ramadhan ini juga disebut dengan bulan yang penuh maghfiroh atau ampunan. Maka di hadits lain juga disebutkan bahwa rugi bagi mereka yang bertemu dengan bulan ramadhan kemudian sampai dengan ramadhan itu usai dia belum terampuni dosanya.

Berbagai amalan akan dilipatgandakan ilaa masyaa Allah. Termasuk pahala puasa itu sendiri hanya Alloh yang tahu. Sahabat, persiapkan segala sesuatunya untuk menyambut datangnya bulan ramadhan ini, bahkan Nabi Muhammad sendiri yang sudah dijamin surganya oleh Allah masih sangat semangat dalam beribadah, terutama di bulan ramadhan. Beliau lembur dalam beribadah, menghabiskan waktu dan tenaganya dalam beribadah pada Alloh.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.02

4 komentar:

  1. selamat berpuasa. semoga kita menjadi orang yang beruntung

    BalasHapus
  2. bulan ramadhan tinggal menghitung hari ::) semoga kita semua di beri kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa nanti ..amiin

    BalasHapus