UMROH RAMADHAN

Posted by

Selamat malam Sahabat Arkenza, nampaknya malam sudah sangat larut. Dan sebelum tidur ijinkan saya untuk menulis sesuatu di blog ini. UMROH RAMADHAN. Ya, begitulah judul post yang terbaca disana. Mungkin ada juga sahabat yang mengkaitkanya dengan keberangkatan salah satu capres kita untuk umroh. Ya, boleh lah. Namun disaat hari tenang memang harusnya tidak ada saling menghujat dan menyerang antara sesama capres. 

Dalam kaitanya dengan ibadah umroh dibulan ramadhan, tentunya kita sebagai muslim sudah pernah mendengar sebuah hadits yang menyebutkan pahala dari ibadah umroh di bulan ramadhan. Cerita di hadits yang diriwayatkan Bukhori (no.1782) dan diriwayatkan oleh Muslim (no. 1256)  tersebut seperti ini:

Nabi pernah bertanya kepada seorang wanita : "Mengapa engkau tidak ikut pergi haji bersama kami?". Kemudian Wanita tersebut menjawab : "Aku memiliki tugas untuk memberi makan dan minum unta yang biasanya ditunggangi oleh suamiku. Ia meninggalkan unta, dan kamilah yang bertugas untuk memberinya minum". Rosul kemudian bersabda :"Jika bulan ramadahan tiba,berumrohlah, karena saat itulah umroh senilai haji".
Ka'bah
Nah sahabat, kiranya memang sungguh besar pahala yang didapatkan jika kita melaksanakan ibadah umroh pada bulan ramadhan. Disamping juga kita bisa meraih pahala tanah haram yang lain. Dan lebih pol lagi jika kita dapat melaksanakan ibadah umroh ramadhanya di 10 hari yang akhir dibulan ramadhan. Karena diantara 10 malam yang akhir tersebut ada satu malam yang nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan. Mantap kan sahabat keutamaan di bulan ramadhan ini.

Kemudian sahabat, mungkin ada yang bertanya, apakah jika sudah umroh di bulan ramadhan ini kemudian kewajiban haji kita sudah tergantikan?. Jawabnya tentu saja belum. Inti dari hadits diatas adalah dititikberatkan pada keutamaan dan pahala umroh dibulan ramadhan. Ada juga yang meriwayatkan bahwa umroh dibulan ramadhan sebagaimana melaksanakan haji bersama Nabi Muhammad SAW. Jadi walaupun kita sudah umroh di bulan ramadhan, namun belum melaksanakan haji, maka hukum haji masih melekat wajib untuk diri kita.

Nah itulah sahabat, keutamaan umroh ramadhan. Mudah-mudahan kita dimudahkan rezekinya sehingga bisa melaksanakan haji dan umroh pada bulan ramadhan di 10 hari yang terakhir.

Baca juga artikel tentang ramadhan yang lain, Puasa, belajar mengendalikan diri.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01.16

4 komentar:

  1. seperti jokowi nih yg lg umroh hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan, niat hati ingin membuat artikel yang sesuai google trend...hehe

      Hapus
  2. Kepengen Umroh di bulan Ramadhan tapi belum kesampaian nih. :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan semoga segera mas, nanti klo sudah di tanah suci doakan saya juga biar bisa nyusul :)

      Hapus